Senin, 01 Oktober 2012

pengertian sistem informasi akutansi (SIA)


1.3 Pengertian sistem informasi akutansi (SIA)

Pengertian
Sistem Informasi Akuntansi
(SIA) adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan,mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial danpengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
Sistem Informasi Akuntansi
1. SistemSistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen yang sama, tapi suatu susunandasar adalah :Input, Transformasi, Output, Mekanisme Kontrol, Tujuan.2. Pengertian SISistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antarasatu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatubidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkankeanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sisteminformasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.3. Pengertian AkuntansiAkuntansi adalah pengukuran, penjabaran, atau pemberian kepastian mengenai informasi yang akanmembantu manajer, investor, otoritas pajak dan pembuat keputusan lain untuk membuat alokasi sumber daya keputusan di dalam perusahaan, organisasi, dan lembaga pemerintah. Akuntansi adalah seni dalammengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkanoleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham,kreditur, atau pemilik.4. Pengertian SIASistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah Sistem Informasi yang menangani segala sesuatuyang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi.adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisadan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi.
Apa itu Sistem Informasi
Sistem informasi adalah serangkaian prosedur formal di mana data dikumpulkan, diproses menjadiinformasi dan didistribusikan ke para pengguna.Adapun kerangka kerja sistem informasi dibagi menjadi 2 yang utama yaitu : Sistem InformasiManajemen dan Sistem Informasi Akuntansi.Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah Sistem Informasi.Karakteristik SIA yang membedakannya dengan subsistem CBIS lainnya :
SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
Berpegang pada prosedur yang relatif standar 
Menangani data rinci

Berfokus historis
Menyediakan informasi pemecahan minimalFungsi penting yang dibentuk Sistem Informasi Akuntansi pada sebuah organisasi antara lain :
Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilankeputusan.
Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.Subsistem Sistem Informasi Akuntansi memproses berbagai transaksi keuangandan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.Sistem Informasi Akuntansi terdiri dari 3 subsistem:
Sistem pemrosesan transaksi, mendukung proses operasi bisnis harian.
Sistem buku besar/pelaporan keuangan, menghasilkan laporan keuangan, seperti laporanlaba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
Sistem pelaporan manajemen, yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporankeuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan,seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.Berbagai transaksi non keuangan yang tidak bisa diproses oleh Sistem Informasi Akuntansi biasa,diproses oleh Sistem Informasi Manajemen. Adapun perbedaan keduanya adalah :
SIA mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikaninformasi keuangan
SIM mengumpulkan mengklasifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikansemua tipe informasiSebuah Sistem Informasi Akuntansi menambah nilai dengan cara:
Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utamapada value chain secara efektif dan efisien.
Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
Meningkatkan efisiensi
Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
Meningkatkan sharing knowledge
Menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan2 komponen Sistem Informasi Akuntansi antara lain :
Spesialis Informasi
AkuntanContoh Sistem Informasi Akuntansi sebagai pusat informasi perusahaan:
Bagian pemasaran mempertimbangkan untuk memperkenalkan jenis produk baru dalam jajaranproduksi perusahaan, untuk itu bagian tersebut meminta laporan analisaperkiraan keuntunganyang dapat diperoleh dari usulan produk baru tersebut
Bagian SIA memproyeksikan perkiraan biaya dan perkiraan pendapatan yang berhubungandengan produk tersebut, kemudian data yang diperoleh diproses oleh EDP. Setelah diproseshasilnya dikembalikan ke bagian SIA untuk kemudian diberikan ke bagian pemasaran.Kedua bagian akan merundingkan hasil analisa tersebut untuk dicari keputusan yang sesuai.

Sumber: www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar